Kunjungi Bausasran, Pemkab Katingan Belajar Pengelolaan Kebun Dari Gemah Ripah

 

                Pemerintah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah melakukan kunjungan ke kebun Kelompok Tani Gemah Ripah di kawasan Kelurahan Bausasran. Mereka turut membawa perwakilan dari Desa Tumbang Manggu, Tumbang Kaman, Tumbang Samba, Tumbang Lahang, Mirah Kalanaman, Labehu, dan Tumbang Sanamang. Semuanya merupakan desa binaan Pemkab Katingan. Kunjungan ini mereka lakukan pada 17 Maret 2020 lalu.

                Di kebun Gemah Ripah, rombongan Pemkab Katingan belajar mengenai bagaimana mengelola kebun di tengah pemukiman penduduk. Mulai dari awal mula membuat kelompok tani, kegiatan harian kelompok tani, jadwal piket, hingga bagaimana cara mengelola anggota kelompok tani.

                Kelompok Tani Gemah Ripah Bausasran berhasil menyebarkan “virus bertani”, khususnya di kawasan Kelurahan Bausasran. Dengan kreatifitas, mereka mampu memanfaatkan pekarangan sempit di pemukiman padat penduduk menjadi lahan bercocok tanam. Tak aneh bila kelompok tani yang berdiri pada 2013 ini menjadi teladan dalam bertanam. Banyak penghargaan telah mereka peroleh, termasuk Juara I Kampung Sayur Kota Yogyakarta. Bahkan Menteri Pertanian, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH sempat memberi apresiasi langsung di Kecamatan Danurejan pada Oktober 2019 lalu.