TP. PKK KELURAHAN BAUSASRAN MENERIMA KUNJUNGAN KERJA TP. PKK PROVINSI KEPULAUAN RIAU

BAUSASRAN, Wakil Ketua 3 Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) Pemerintah Kota Yogyakarta Dian Aman menyambut kunjungan kerja Ketua TP.PKK Provinsi Kepulauan Riau Dra. Hj. Dewi Kumalasari Ansar bersama rombongan kelompok kerja, di Kampung Sayur Kelompok Tani Gemah Ripah PKK RW 09 Bausasran, Jum’at (21/1/2022)

Turut hadir pada kegiatan kunjungan kerja ini kelompok kerja TP.PKK Provinsi DIY, Ketua dan Pokja TP.PKK Kelurahan Bausasran, Mantri Pamong Praja Danurejan, Lurah Bausasran bersama staf dibantu oleh mahasiswa dari Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta, serta tokoh masyarakat Bausasran.

Dalam sambutannya Dian Aman mengucapkan:

“terimakasih dan selamat datang  kepada ibu- ibu TP.PKK dari Kepulauan Riau ke Kota Yogyakarta, Puji syukur sudah dapat hadir di Kelurahan Bausasran Kemantren Danurejan Kota Yogyakarta ini dalam keadaan sehat. menyampaikan sekilas profil Kelurahan Bausasran yang merupakan salah satu Kelurahan produktif serta berprestasi diantaranya menyampaikan prestasi Juara I Aku Hatinya PKK Tahun 2016, dan Juara 3 Aku hatinya PKK Tahun 2017 tingkat PKK Kota Yogyakarta. Dalam program pokja III dibidang sandang pangan TP.PKK Kelurahan  Bausasran mengimplementasikan kegiatan pemanfaatan sejengkal tanah pekarangan digunakan untuk menanam sayur mayur, dan budidaya lele cendol, sehingga halaman atau pekarangan rumah nampak asri dan selain bertujuan untuk ketahanan pangan keluarga. Dalam hal ini sayur unggulan yang sedang gemar dikonsumsi serta memperkenalkan dari berbagai olahan makanan dan minuman berasal dari sayur Bayam Brazil. Bayam Brazil ini diolah sebagai minuman yang segar, kripik bayam, stik krispi, bakwan, sayur serta berbagai olahan lainnya. Juga olahan makanan dari lele cendol bisa diolah menjadi makanan lauk, abon, dan krupuk. Ibu- ibu PKK Kelurahan Bausasran ini mempunyai semangat yang luar biasa sehingga menjadikan kampung sayur yang dinamai Gemah Ripah di RW 09 menghasilkan produksi olahan makanan yang nikmat dikemas secara bagus, menarik, dan bisa dijual kepada wisatawan yang datang di kampung ini untuk memajukan kelompok taninya  juga untuk penambahan perekonomian bagi keluarga. Dan ini merupakan salah satu kampung sayur dari 6 kampung sayur lainnya di kelurahan Bausasran yang ada. Dalam sambutannya berharap agar ibu- ibu rombongan TP.PKK dari Kepulauan Riau dapat menikmati olahan- olahan makanan yang diproduksi oleh kelompok tani Bausasran, serta membelanjakan uangnya dari produksi kami sebagai oleh- oleh  disana. Juga selamat menikmati, berwisata di Kota Yogyakarta.”

Kemudian sambutan dari Ketua TP.PKK Provinsi Kepulauan Riau menyampaikan:

“terimakasih atas sambutan untuk kami, dan perkenalkan kami bersama rombongan kami mengapresiasi, takjub, dan memuji karena lingkungan yang hijau. Apa rahasia wilayahnya bisa hijau menarik bagi wisatawan, kota Yogyakarta memang terkenal sebagai kota yang indah, nyaman, kota pelajar dan yang ramah tamah. Nanti kami dibisik- bisik  supaya kami bisa membawa pengalaman ini sebagai oleh-oleh dan diterapkan di kota kami”

Dan dilanjutkan sambutan oleh Winaryanti Ketua penggerak kelompok tani atau penyuluh pertanian mengatakan :

“ Bahwa pada tahun 2009 kami mulai membuat kelompok pertanian,  awalnya dari dana swadaya kemudian dibantu dan dibina oleh Dinas Pertanian kota Yogyakarta, sehingga menjadikan kelompok tani ini mulai tumbuh dan bertambah luas. Hal ini dibantu menjadi viral oleh kelompok Cap Capung yang keberadaan pertanian kami diliput diviralkan di youtube sehingga mulai ada yang mengenal kelompok tani kami serta hasil olahannya, dan sekarang banyak yang sudah mengenal kemajuan dari produk kami ini, dari hal yang positif ini memmbuat kelompok tani kami menjadi tambah semangat karena keberadaan kami sudah diketahui banyak orang, dan memang kelompok ini benar- benar ada sampai sekarang sudah menghasilkan banyak olahan produk, terutama hal yang baru dengan menghasilkan produk makanan sayur, minuman segar, kripik, dari bayam brazil. Serta produk unggulan kami Krupuk, serta abon dari Lele. Pemerintah Kelurahan Bausasran juga mendukung kegiatan kami sehingga bisa menjadi wilayah ini menjadikan hijau, tertata dengan baik dan menunjang keberhasilan hasil produksi kami” Dalam sambutannya berharap kelompok tani ini tetap giat dan semangat menjadikan wilayah yang unggul dan nyaman huni.

 

 

Kemudian disambung dengan sambutan dari Lurah Bausasran Akhmad Yuliantara, S.I.P.,M.M kesimpulannya mengatakan :

Harapan kami Bausasran menjadi Kampung Eco Wisata, prinsip adalah kerja keras dari warganya sendiri dan pendorong suport kepada kelompok tani menjadi kelompok tani kembar atau kampung kembar dari lima kampung yang ada di Kelurahan Bausasran. Karenanya diharapkan tetaplah semangat mengelola lahan pertanian yang sudah dibuat ini”

Dari kata sambutan Lurah Bausasran di balas oleh salah satu ibu pokja dari TP.PKK Provinsi Kepulauan Riau bahwa, mereka ingin menjadikan kelompok tani kembar KW II, dan diskusi ini menjadikan suasana yang hangat dan meriah dengan tepuk tangan bersama.

Pertemuan ini berakhir dengan ramah tamah dan meninjau tanaman sayur yang sedang menghijau ditanam.

 

 

Salam Harmoni,  (LMRG)

#jogjabakohcovid19 #indonesiabangkit #indonesiabisa

 #covid19 #ppkmdarurat