MUSRENBANG KELURAHAN BAUSASRAN

BAUSASRAN,  Pelaksanaan Musyarawah Perencanaan Pembangunan Kelurahan Bausasran dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 25 Januari 2023 bertempat di Pendopo Kemantren Danurejan Kota Yogyakarta. Perencanaan tahunan kota Yogyakarta untuk tahun 2024 yang mengambil tema PENGUATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK KEBERLANJUTAN PEMBANGUNAN KOTA YOGYAKARTA ini dihadiri oleh Anggota DPRD Kota Yogyakarta Dapil 4 Bambang Seno Baskoro, ST, Badan Perencanaan Pembangunan Kota Yogyakarta, Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Yogyakarta, Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Yogyakarta, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Dan Kawasan Pemukiman Kota Yogyakarta, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Dinas lingkungan Hidup Kota Yogyakarta dan Organisasi Perangkat Daerah Kota Yogyakarta lainnya yang terkait dengan perencanaan Pembangunan di Wilayah Kelurahan Bausasran.

Adapun prioritas pembangunan Kelurahan Bausasran untuk tahun 2024 adalah penguatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan kualitas infra struktur, tata ruang dan lingkungan yang aman serta nyaman, peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dan pemantapan kinerja aparatur, dan birokrasi untuk pelayanan publik.

 

Sambutan Lurah Bausasran

Sambutan Lurah Bausasran di Acara Musrenbang Kelurahan Bausasran Rabu, 25 Januari 2023 

 

Acara yang dipandu oleh pembawa acara Heriyani Harry Moeryanto diawali dengan sambutan oleh Lurah Bausasran Akhmad Yuliantara, SIP., M.M. dengan menyampaikan atas usulan dari wilayah bahwa :

“pembangunan di tahun 2024 akan melakukan perbaikan di Kampung Bausasran, pemasangan CCTV  ada dibeberapa titik menambah titik yang sudah terpasang, Ada perubahan pembangunan fisik di konsentrasikan di Kampung Macanan sebagai sentra industri pengrajin seng. Pada sambutannya juga tidak kalah pentingnya memperhatikan adanya gerakan zero sampah dan dalam hal ini sudah dilaksanakan oleh warga di 12 (dua belas) Rukun Warga di Kelurahan Bausasran, dengan melakukan pemilahan sampah mandiri, pembuangan secara terpilah dan membuat laporan setiap bulannya atas kegiatan Faskel Bank Sampah”.

 

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Mantri Pamong Praja Danurejan Kota Yogyakarta Bambang Endro Wibowo, S.I.P., M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa :

” warga Bausasran harus siap bersama mendukung pembangunan yang sudah direncanakan dan mendukung evaluasi kelurahan, gerakan zero sampah yang lebih diperhatikan lagi dengan melakukan dan mengawasi warga agar mau melakukan dan bisa mensukseskan gerakan zero sampah di wilayah Bausasran”.

 

Dari anggota DPRD Kota Yogyakarta Dapil 4 Bambang Seno Baskoro, ST. Mengatakan :

“ Untuk kegiatan pembangunan tahun 2024 dengan melaksanakan pagu anggaran sebesar Rp 780.000.000 ( tujuh ratus delapan puluh juta rupiah) dengan konsentrasi pembangunan fisik penerangan jalan umum, saluran air hujan, salurah air limbah. Kalau hal yang prioritas ini tidak dapat terlaksana nanti bisa masuk di pokok-pokok pikiran dewan. Selanjutnya rencana pembangunan balai karang taruna, dan rencana pembangunan kantor kelurahan Bausasran juga akan dilaksanakan di tahun 2024 besok, untuk itu mohon dipersiapkan segala sesuatunya bersama. Bambang Seno juga membahas terkait dengan gerakan zero sampah dengan beberapa hal yang perlu diperhatikan warga bahwa kalau belanja dengan membawa atau memakai tas kain, meningkatkan produktivitas dari bank sampah, aparatur sipil negara harus mendukung suksesnya kegiatan zero sampah ini dengan menggunakan produk bank sampah. Karena masih mendengar keluhan dari penggerobak sampah tentang pemilahan sampah jadi bagaimana sebaiknya kita membuat penjadwalan pembuangan sampah dengan memberikan contoh: hari senin dan selasa membuang sampah organik, hari rabu dan kamis sampah residu dan seterusnya. Marilah kita melaksanakan pembangunan sesuai usulan dan kebutuhan masyarakat secara prioritas”.

 

Acara dilanjutkan sidang pleno yang dipimpin oleh Drs. Prasetyo Sigit,M.Sc dengan diawali penyampaian materi perencanaan pembangunan usulan warga oleh Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Bausasran Setiadjid, dan materi yang kedua oleh Ketua Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga Kelurahan Bausasran R.Aj. Dini Putri Kusharjanti, SS., M.P.A. menyampaikan kegiatan pembangunan masyarakat dengan berdasarkan 10 program pokok PKK.

Dan sebagai susunan acara yang terakhir adalah penandatanganan Berita Acara hasil kesepakatan Musrenbang RKPD Kota Yogyakarta Kelurahan Bausasran tahun 2023.

Salam Harmoni, (LM.Rainny Goenarti)